Tips Memilih Travel Umroh Terbaik

Umroh adalah salah satu hal yang diinginkan banyak umat Islam di Indonesia. Berbeda dengan haji, umroh biasanya dapat dilakukan atau memiliki keberangkatan lebih banyak daripada haji.

Semua jadwal yang tersedia biasanya disediakan oleh agen perjalanan umroh, dan jadwal keberangkatan juga ditentukan oleh kemampuan jemaah yang ingin menunaikan umroh. Dan di Indonesia, banyak paket umroh bulan September yang menawarkan beberapa fasilitas dengan biaya yang bervariasi.

Jika Anda ingin menunaikan umroh, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang dijadikan sebagai tolak ukur untuk menghindari penipuan yang saat ini banyak terjadi di wilayah tertentu.

Bagaimana Cara Memilih Travel Umroh Terbaik ?

  1. Harga

Biaya umroh yang ditetapkan oleh agen travel umroh cukup bervariasi. Dari harga Rp 17 juta sampai Rp 50 juta. Banyak agen menawarkan biaya yang lebih rendah atau bahkan lebih tinggi dari harga pasar.

Tentu saja, ini semua tergantung pada kemampuan finansial Anda saat ini. Usahakan untuk menghindari biaya umroh di bawah Rp 10 juta, karena angka tersebut sama sekali tidak masuk akal untuk biaya umroh.

Biaya ini biasanya digunakan untuk tiket pesawat dan perijinan lainnya, jadi hindari harga umroh yang mencurigakan dan pilihlah harga yang masuk akal.

  1. Fasilitas

Ada biaya, ada fasilitas. Agen travel umroh memberikan fasilitas sesuai dengan harga serta biaya yang diberikan. Jika harga umroh dipatok diatas Rp. 40 juta, maka fasilitas yang harus anda dapatkan adalah fasilitas mewah untuk melaksanakan paket umroh.

Dan fasilitas ini biasanya menentukan layanan apa yang akan Anda dapatkan dari sebelum jadwal keberangkatan hingga akhirnya Anda kembali ke Indonesia. Pastikan memilih fasilitas terbaik yang setara dengan harga yang Anda bayarkan atau biaya yang telah Anda siapkan untuk menunaikan umroh.

Hindari agen travel yang memberikan fasilitas mewah dan harga umroh yang murah. Karena tentu saja, Anda ingin menghindari penipuan. Coba tebak atau teliti fasilitas yang layak Anda dapatkan dengan biaya yang telah Anda siapkan.

  1. Rekam Jejak

Salah satu hal penting yang perlu diketahui adalah rekam jejak agen travel umroh yang Anda pilih. Rekam jejak penting diketahui jamaah haji dalam menitipkan uang kepada mereka.

Coba cari jemaah haji yang pernah menggunakan jasa agen perjalanan tersebut dan dengarkan cerita keluhan atau pujian yang mereka sampaikan, karena jika jemaah haji yang pernah menggunakan jasa agen tersebut tidak merekomendasikannya, maka berpikir dua kali sebelum menitipkan uang anda.

Pilih agen travel umroh dari rekam jejaknya, jika kerabat terdekat Anda pernah menggunakan jasa agen travel dan menyukainya, maka Anda bisa bernafas lega dan mempercayakan uang Anda dengan sepenuh hati.

  1. Durasi Umroh

Memilih agen travel umroh juga berarti memilih durasi umroh. Umumnya durasi umroh adalah 6-7 hari ditambah perjalanan pulang pergi adalah 9 hari. Durasi ini merupakan durasi yang umumnya ditawarkan kepada calon jemaah haji yang ingin menunaikan umroh.

Banyak biro travel umroh yang menawarkan paket plus atau paket tambahan dengan mengunjungi wisata religi di negara-negara terdekat seperti Turki, Mesir, atau Palestina. Dan durasinya semakin lama semakin lama hingga 12-14 hari.

Ada baiknya Anda memilih paket umroh bulan September yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetaplah bijak dalam memilih serta menentukan kebutuhan ibadah umroh.

  1. Periksa Izin Agen

Memilih agen travel terbaik untuk perjalanan umroh adalah dengan melihat lisensi agen yang Anda pilih terdaftar di Kementerian Agama.  Anda bisa mengecek langsung untuk mengetahui izin PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh), dan mengadu ke biro yang Anda rasa telah merugikan Anda. Anda dapat memeriksa agen mana yang berlisensi dan agen mana yang memiliki banyak keluhan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.