Nyoman Nuarta Diumumkan di Antara Pemenang Habibie Prize 2021

Yayasan Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan Teknologi (SDM-Iptek) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengumumkan empat orang pemenang Habibie Prize 2021. Pengumuman disampaikan oleh Ketua Pengurus Yayasan SDM-Iptek, Wardiman Djojonegoro, dalam acara virtual yang digelar pada Rabu, 17 November 2021.

Habibie Prize 2021 di Bidang Ilmu Dasar diberikan kepada Peneliti Pusat Riset Kimia BRIN, Muhammad Hanafi; di Bidang Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi diberikan ke Dosen Universitas Airlangga, Nicolaas C. Budhiparama; di Bidang Ilmu Rekayasa diberikan kepada Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB), Subagjo; dan di Bidang Ilmu Kebudayaan diberikan kepada Seniman, Nyoman Nuarta.

“Tidak ada pemenang untuk kelompok Bidang Sosial, Ekonomi, Politik, dan Hukum tahun ini,” ujar Wardiman, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 1993-1998, dalam pengumumannya.

Penganugerahan Habibie Prize merupakan salah satu upaya untuk melanjutkan harapan dan cita-cita Bacharuddin Jusuf Habibie membangun SDM Indonesia unggul dan berdaya saing. Presiden RI ketiga yang dijuluki Bapak Teknologi itu merupakan pencetus penghargaan yang ditujukan untuk memberikan semangat kepada SDM Indonesia yang mampu berinovasi untuk membangun bangsa.

Para pemenang Habibie Prize 2021 dipilih melalui seleksi yang ketat, dan dari 90 kandidat yang didaftarkan, Dewan Juri Habibie Prize menetapkan empat orang pemenang itu melalui rapat pleno. Keempat pemenang diberikan medali, sertifikat, dan uang sebesar US$ 25 ribu (setara Rp 356 juta).

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengucapkan selamat kepada pemerima Habibie Prize 2021. Dia berharap karya-karya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi bisa terus dihasilkan di masa mendatang. “Semoga penerimanya dapat menjadi inspirasi dan pemimpin bangsa dalam kemajuan iptek di tengah perkembangan global,” tutur Handoko.

Menurut dia, Habibie Prize 2021 merupakan momentum dan dorongan untuk menghasilkan lebih banyak lagi prestasi. Dia juga berharap keempat pemenang tetap produktif dan meningkatkan kontribusinya di bidang masing-masing serta melakukan yang terbaik untuk bangsa.

“Kami juga sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada keluarga Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie atas segala dukungan yang diberikan bagi penyelenggaraan acara ini,” kata mantan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu sebelum lembaga tersebut melebur ke dalam BRIN.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.