New Mitsubishi Xpander vs All New Toyota Avanza, Mana Lebih Unggul

Pasar Low MPV di Indonesia saat ini diramaikan model-model terbaru atau facelift yang hadir, semisal New Mitsubishi Xpander dan All New Toyota Avanza.

Xpander dan Avanza memang model yang sudah lama mengaspal di Tanah Air. Namun di penghujung tahun ini, keduanya hadir dalam versi facelift dengan pembaruan yang cukup signifikan, baik dari sisi eksterior, interior, maupun mesinnya.

Tempo akan memberikan komparasi antara kedua LMPV populer ini. Berikut ulasannya.

EksteriorBicara tampilan eksterior, baik Xpander dan Avanza terbaru, sama-sama hadir dengan desain yang lebih baru. Untuk New Xpander, tampilan fascianya sudah menampilkan grille dan bumper depan baru, serta bagian moncongnya juga lebih tinggi sedikit dari versi sebelumnya. Selain itu, sekarang Xpander sudah menggunakan desain lampu utama model T-Shape LED, sudah tidak menggunakan lampu halogen.

Bagian belakangnya menampilkan bumper baru dengan tailgate garnish. Lalu lampu belakangnya menampilkan kombinasi lampu sein dan lampu mundur. Mitsubishi Xpander baru ini juga sudah dilengkapi electric tailgate door handle.

Untuk All New Avanza, kita tidak akan lagi melihat DNA Avanza generasi sebelumnya pada Avanza generasi terbaru ini. Semuanya berubah, mulai dari grill depannya, bumper depan, hingga desain lampu utamanya. Lekukan garis bodinya juga semakin tegas dan tampilan belakangnya juga benar-benar berbeda dengan Avanza versi sebelumnya.

Perubahan drastis juga hadir pada tampilan belakangnya. Lekukan bodi belakangnya terlihat lebih tegas, lampu belakangnya menggunakan desain baru yang terintegrasi dengan lampu sein dan lampu mundur. Kemudian bumper belakangnya juga sekarang sudah baru dan membuat tampilan belakang mobil sejuta umat ini lebih berotot.

InteriorUbahan radikal tidak hanya pada sisi eksteriornya saja, tetapi juga pada bagian interiornya. Pada New Xpander, tampilan kabinnya terlihat lebih mewah berkat penggunaan soft pada dasbor dan door trimnya. Head unitnya berukuran 8 inci untuk tipe Sport dan Ultimate, sedangkan tipe GLS dan Exceed ukuran head unitnya 7 inci.

Kemudian AC-nya sudah digital, panel meternya didesain lebih modern, dan satu lagi yang berbeda pada model terbaru ini adalah hadirnya arm rest pada kursi baris kedua, lengkap dengan cup holder di atasnya. Arm rest ini bisa dilipat juga untuk memperluas kapasitas joknya.

Sementara bagian interior Avanza terbaru juga berubah. Desain kabin dan joknya lebih premium, head unitnya sudah berukuran 9 inci, dan panel meternya berukuran 7 inci. Bahkan terdapat fitur smart entry dan push start button. AC pada All New Avanza juga sudah digital dan terdapat cup holder di bawah AC penumpang depan dan pengemudi, di bagian kiri dan kanan.

MesinUntuk dapur pacu, New Mitsubishi Xpander masih menggunakan mesin yang sama dengan model sebelumnya, yakni mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve yang mampu menghasilkan tenaga 105 PS pada 6.000 rpm dan torsinya mencapai 141 Nm di 4.000 rpm.

Adapun Toyota Avanza terbaru diklaim hadir dengan menggunakan mesin baru. Namun menurut kami, mesin tersebut sebenarnya masih menggunakan basis yang sama dengan mesin Avanza sebelumnya, hanya saja kode mesinnya saja yang berubah. Tersedia dua varian mesin untuk Avanza, yakni 1.300cc dan 1.500cc.

Menariknya, baik Xpander dan Avanza terbaru, keduanya sudah menggunakan sistem transmisi CVT dan masih tersedia juga untuk transmisi manual.

Kebetulan Tempo sudah test drive kedua LMPV terbaru ini. Untuk Xpander terbaru, meskipun masih menggunakan mesin yang sama dengan model sebelumnya, namun kami merasakan mesin pada Xpander terbaru ini lebih responsif dan sedikit lebih bertenaga.

Ini tidak terlepas dari kehadiran transmisi baru, yakni CVT yang membuat mobil keluarga ini lebih responsif di tarikan awal serta diklaim lebih irit bahan bakar.

Kemudian untuk All New Avanza, performa mesinnya juga lebih responsif dan lebih bertenaga. Kami mencoba tipe 1.5 G CVT TSS yang tenaganya meningkat dari model sebelumnya, dari 104 PS menjadi 106 PS dan torsinya 137 Nm. Tarikan awal mesin Avanza terbaru ini lebih responsif dan ini terus berjalan hingga kecepatan menengah.

FiturPada New Mitsubishi Xpander hadir sejumlah fitur keselamatan seperti Dual SRS Airbags, struktur bodi RISE, New Speed Sensitive Automatic Door Lock, ew Electric Parking Brake with Brake Auto Hold, ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, hingga Hill Start Assist. Untuk ASC, BA, dan HSA nantinya akan tersedia pada varian GLS hingga Ultimate CVT.

Sementara pada Avanza terbaru, untuk pertama kalinya fitur Toyota Safety Sense (TSS) hadir di Toyota Avanza, meskipun tidak semua tipe dibekali fitur ini. TSS sendiri terdiri Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, Lane Keeping Control, Automatic High Beam, Adaptive Driving Beam, dan Front Departure.

Alert HargaSoal harga, All New Avanza punya harga yang lebih murah dibandingkan New Xpander, baik untuk tipe terendah maupun tipe tertingginya. Berikut adalah daftar harga New Xpander dan All New Avanza. Sebagai catatan, harga tersebut sudah diakumulasikan dengan insentif PPnBM 100 persen.

All New Toyota AvanzaTipe 1.3 E M/T Rp 206.200.000Tipe 1.5 G M/T Rp 228.500.000Tipe 1.5 G CVT Rp 241.400.000Tipe 1.5 G CVT TSS Rp 264.400.000.

New Mitsubishi XpanderUltimate CVT Rp 272.580.000Sport CVT Rp 270.440.000Sport MT Rp 258.430.000Exceed CVT Rp 248.300.000Exceed MT Rp 240.360.000GLS CVT Rp 236.490.000GLS MT Rp 228.030.000.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.