Manfaat Open Banking Untuk Digitalisasi Perbankan

Sebuah laporan menyatakan bahwa lebih dari 65% bank tidak memiliki strategi perbankan terbuka sama sekali. Angka tersebut sebenarnya menunjukkan bahwa open banking memiliki peluang besar untuk diuntungkan. Karena itulah BRIAPI juga berusaha memanfaatkan momentum tersebut.

Sebagai salah satu aset terpenting Bank BRI, BRIAPI berupaya meraih potensi besar dari open banking. Berikut cara BRIAPI memanfaatkannya.

Apa Saja Manfaat Open Banking Untuk Digitalisasi Perbankan?

  1. Bangun reputasi dengan keamanan siber yang luar biasa

Bank BRI merupakan bank pertama di Asia Tenggara yang menerima PA-DSS yang merupakan singkatan dari Payment Application Data Security Standard. Ini adalah sertifikasi internasional dari Dewan Standar Keamanan PCI. Hal ini memastikan Bank BRI mengembangkan aplikasi pembayaran yang aman dan tidak menyimpan privasi nasabah.

Sejak tahun 2019, Bank BRI juga telah memperoleh sertifikasi ISO 27001 untuk BRIAPI. Ini adalah standar keamanan internasional untuk menerapkan sistem manajemen keamanan informasi untuk produk tertentu. Kedua sertifikasi internasional tersebut menegaskan bahwa Bank BRI telah membuktikan komitmennya dalam menjaga keamanan data nasabah.

Dampaknya, tentunya nasabah akan semakin percaya dengan layanan BRIAPI. Mereka mengakui bahwa Bank BRI telah memastikan keamanan virtual banking di semua lini.

  1. Memberikan pengalaman pelanggan terbaik

Perbankan terbuka adalah proses monumental menuju digitalisasi perbankan. Dengan memanfaatkan open banking, sebuah bank telah membuktikan kesiapannya ke depan, terutama dalam memberikan customer experience yang prima.

Bank BRI telah membuktikannya dengan BRIAPI. Berbagai layanan BRIAPI membantu mitra untuk mempercepat proses transformasi digital. Ini karena BRIAPI menyatukan berbagai opsi pembayaran.

Anda bisa mendapatkan proses transaksi yang lebih sederhana dan mudah dengan biaya transfer yang lebih murah. Tidak ada lagi kerumitan dalam melakukan aktivitas keuangan apapun.

  1. Raih peluang untuk berkolaborasi

Open banking membuka pintu gerbang untuk kolaborasi. Itu terjadi antara Bank BRI dengan berbagai perusahaan, baik yang digital maupun non-digital. Dan berkat BRIAPI, kolaborasi menjadi lebih mudah dan cepat.

Hal ini karena BRIAPI memungkinkan perusahaan untuk berintegrasi dengan layanan Bank BRI dalam satu proses langsung. Biaya implementasi juga menjadi lebih murah. Lain halnya jika Anda melakukan kemitraan melalui skema Host to Host (H2H).

Jika perusahaan menggunakan skema tersebut, integrasi akan dilakukan per produk dengan tambahan biaya untuk setiap produk terintegrasi.

Kasus Penggunaan Open Banking BRIAPI: DOKU dan Indogrosir

DOKU

Sebagai perusahaan B2B yang fokus pada sektor gateway pembayaran, DOKU berupaya menciptakan ekosistem pembayaran digital bagi para merchant-nya. Bersama dengan BRIAPI, DOKU telah berhasil menjangkau wilayah bisnis yang lebih luas, terutama setelah memberikan layanan Debit Langsung dan Transfer Dana BRI.

Direct Debit BRI menghubungkan DOKU dengan layanan kartu debit Bank BRI sebagai Sumber Dana (SoF). Dalam satu proses pendaftaran, pedagang mereka dapat memanfaatkan transaksi yang lebih cepat dan lebih mudah. DOKU juga memanfaatkan Transfer Dana, yang memungkinkan merchant melakukan transfer baik ke rekening Bank BRI maupun ke bank lain.

Indogrosir

Dengan menerapkan BRIVA, konsumen Indogrosir dan UMKM dapat melakukan pembayaran lebih cepat dan mudah. Semuanya juga otomatis berkat penggunaan kode unik berupa nomor Virtual Account.

Hal ini tentunya membantu lebih dari 600 jaringan pemasok dan distributor Indogrosir, serta 130.000 UMKM untuk bekerja sama dengan perusahaan ritel karena BRIVA mengoptimalkan pengalaman berbelanja mereka secara keseluruhan.

Dengan BRIAPI, DOKU dan Indogrosir telah menikmati kesuksesan yang berbuah dengan memberikan lebih banyak kemudahan dalam bertransaksi online. BRI Direct Debit, Transfer Dana, dan BRIVA telah berhasil mengoptimalkan layanan dan operasional perusahaan. Maka, di era open banking ini, sudah saatnya Anda menggenjot bisnis dengan menggunakan produk BRIAPI .

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.