Kenali Lebih dalam Apa itu Jira

Berbagai proyek yang pasti membutuhkan alat untuk menanganinya. Salah satu aplikasi manajemen proyek yang perlu Anda ketahui adalah Jira. Sebenarnya ada berbagai macam tools atau aplikasi yang bisa Anda gunakan.

Apa yang dimaksud Jira?

Definisi jira adalah salah satu alat untuk melakukan pelacakan masalah pada suatu produk dan juga memungkinkan untuk pelacakan bug serta untuk manajemen proyek

Kegunaan Jira

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, software ini dapat memudahkan Anda dalam menangani berbagai proyek yang Anda jalankan. Menurut situs resminya, awalnya Jira hanyalah sebuah aplikasi untuk mendeteksi bug atau dalam sebuah software.

Namun dalam proses pengembangannya, Jira telah berubah menjadi aplikasi untuk mengelola berbagai keperluan, terutama pengembangan perangkat lunak. Yang membedakan Jira dengan yang lain adalah ragam fitur yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan juga.

Tidak hanya bagi tim, Jira juga berguna bagi manajemen untuk mengetahui kemajuan suatu proyek. Dengan fitur yang begitu banyak, tentunya pengguna perlu belajar lebih banyak untuk menggunakannya. Salah satu produk yang sudah memakai jira yaitu BRITECH

Fitur-Fitur Unggulan

  1. Task assignment

Seperti aplikasi atau alat lain dalam manajemen proyek, tentu saja penugasan tugas adalah fitur wajib. Di Jira sendiri, fitur task assignment dilengkapi dengan interface mengenai alur kerja saat ini. Ini memungkinkan anggota tim, bahkan tim lain, untuk mengetahui kemajuan suatu proyek.

  1. Scrum Board dan Kanban

Dalam manajemen proyek, ada metode yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Metode ini disebut Scrum, dan Kanban.

Salah satu keunggulan Jira yang membedakannya dengan aplikasi manajemen proyek lainnya adalah fitur Scrum dan papan Kanban.

Dengan fitur ini, sebuah tim bisa lebih mudah bertukar pikiran. fitur ini cukup intuitif sehingga setiap anggota tim dapat saling berkolaborasi untuk menentukan prioritas pekerjaan.

Tidak hanya itu, anggota tim juga dapat mengetahui berbagai masalah dari anggota lain yang didapat selama proses tersebut.

  1. Road Maps

Selanjutnya, terdapat fitur roadmap yang dapat membuat anggota tim mengetahui masa depan. Dengan roadmap, anggota tim akan lebih fokus pada apa yang mereka lakukan. Bahkan, pemimpin tim dapat memiliki kendali penuh atas berbagai pekerjaan yang sedang dilakukan.

Melalui roadmap, pemimpin tim dapat melihat gambaran proyek secara utuh sehingga memudahkan pengambilan keputusan.

  1. Kostumisasi

Bagi sebagian orang, kustomisasi merupakan fitur penting yang dibutuhkan agar lebih nyaman menggunakan aplikasi. Untungnya, aplikasi Jira menyediakan fitur kustomisasi. Salah satu kustomisasi unik yang ditawarkan Jira adalah kustomisasi emoji. Hal ini akan membuat tugas atau pesan yang diberikan akan lebih bersifat personal.

  1. Konektivitas dengan aplikasi lain

Dipercaya digunakan oleh ratusan perusahaan, membuat Jira berkembang dengan memberikan dukungan untuk berbagai aplikasi.

Dukungan berbagai aplikasi dapat mempermudah proses pengerjaan suatu proyek. Pasalnya, tidak bisa dipungkiri sebuah proyek membutuhkan satu atau lebih aplikasi untuk hasil yang maksimal. Dengan fitur ini, tugas-tugas yang diberikan di Jira akan lebih intuitif dan mudah.

  1. Pelaporan

jira adalah salah satu fitur penting dalam aplikasi manajemen proyek adalah adanya laporan atau report. Ini penting tidak hanya setelah proyek selesai, tetapi juga selama proses. Jira menyediakan fitur pelaporan dengan visualisasi yang menarik, sehingga memudahkan pengambil kebijakan untuk mengetahui hasilnya.

Kekuatan dan kelemahan Jira

Kelebihan

  • ada template untuk memudahkan pemberian tugas
  • dukungan masyarakat dan pelatihan berkualitas
  • mudah digunakan dan intuitif

Kekurangan

  • dukungan penggunaan situs web yang lambat
  • masih ada kesalahan di fitur baru
  • harga kurang kompetitif

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.