Bahaya Sampah Plastik Bagi Lingkungan dan Makhluk Hidup

Salah satu jenis sampah yang sangat berbahaya bagi lingkungan dan juga kesehatan manusia yaitu sampah plastik. Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang sangat susah untuk diuraikan. Tidak hanya bisa merusak lingkungan dan membunuh hewan saja, nyatanya sampah plastik beresiko mengakibatkan berbagai macam jenis penyakit yang sangat mematikan.

Seperti contohnya kanker dan lain sebagainya. Karena itulah, di sini sangat penting untuk melakukan manajemen sampah plastik. Untuk lebih mengetahui lagi apa bahaya sampah plastik bagi kesehatan dan lingkungan, maka berikut uraiannya.

Apa Saja Bahaya Sampah Plastik Bagi Lingkungan dan Makhluk Hidup?

 

Mengganggu Sistem Pernafasan

Bahaya dari sampah plastik bagi kesehatan manusia yaitu dapat mengganggu sistem pernapasan. Hal ini tidak hanya berlaku pada manusia saja, melainkan juga pada makhluk hidup. Mikroplastik yang berkontak langsung dengan panas matahari atau terbakar akan sangat berbahaya bagi sistem pernapasan. Hal itu dikarenakan plastik yang terbakar akan mengeluarkan zat karbon monoksida.

Bahaya sampah plastik ini sangat beresiko memicu penyakit lain. Sekalipun hingga saat ini masih belum ada riset mengenai ambang batas kandungan mikroplastik yang bisa dinyatakan berbahaya, namun masyarakat diimbau untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai.

Beracun

Bahaya dari sampah plastik untuk lingkungan yaitu kandungan racun yang terdapat di dalamnya. Seperti yang diketahui, manusia membuat plastik dengan cara artificial memakai sejumlah bahan-bahan kimia yang beracun. 

Maka dari itulah, pemakaian plastik telah dikaitkan dengan sejumlah masalah-masalah kesehatan yang mempengaruhi beberapa orang di berbagai penjuru dunia. Proses pembuatan, pembuangan, penyimpanan dan keberadaan dari plastik akan sangat berbahaya untuk makhluk hidup.

Polusi Tanah

Bahaya dari sampah plastik untuk lingkungan yaitu dapat menyebabkan polusi tanah. Saat plastik dibuang di tempat pembuangan, benda tersebut akan melakukan interaksi dengan air serta membentuk bahan kimia yang sangat berbahaya. Dan ketika bahan kimia tersebut meresap ke tanah, maka hal itu hanya akan membuat kualitas air jadi menurun.

Polusi Udara

Bahaya selanjutnya dari sampah plastik untuk lingkungan yaitu akan menyebabkan polusi udara. Pembakaran plastik di udara terbuka akan mengakibatkan pencemaran dimana bahan kimia beracun nantinya terlepas. Dan ketika udara yang tercemar tersebut dihirup oleh hewan dan manusia, maka akan mempengaruhi kesehatan dan mengakibatkan gangguan pada pernafasan.

Polusi Air

Bahaya sampah plastik untuk lingkungan yang selanjutnya yaitu sampah plastik bisa menyebabkan polusi air tanah. Hal itu tentu merupakan masalah yang cukup serius, karena ketika sampah plastik tersebut mencemari air tanah, hal itu pada akhirnya akan berdampak pada manusia. 

Sebagian besar sampah serta polusi yang ada saat ini dan mempengaruhi area lautan berasal dari plastik. Hal itu berdampak buruk terhadap banyak sekali spesies-spesies yang menghuni lautan. Sampah plastik di laut juga bisa menimbulkan konsekuensi bagi manusia yang mengkonsumsi ikan, serta berbagai macam kehidupan laut untuk memenuhi nutrisi.

Setelah Anda mengetahui beberapa bahaya dari sampah plastik tersebut, maka disini perlu untuk dilakukan manajemen sampah yang tepat. Dengan manajemen sampah yang benar-benar tepat, hal itu akan menghindari berbagai macam resiko tersebut. 

Maka dari itulah, keberadaan dari jasa manajemen sampah merupakan sesuatu yang sangat perlu. Salah satu jasa manajemen sampah yang saat ini tengah marak digunakan dan terbukti memiliki kualitas baik yaitu Waste4change. 

Bagi Anda yang kebetulan ingin menggunakan jasa tersebut, maka bisa langsung mengunjungi laman website resminya. Disana nantinya Anda akan memperoleh paket layanan sampah yang beragam. Dengan adanya paket tersebut Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.