Apa Penyebab Hasrat Seksual Pada Perempuan Menurun? Ini Penjelasan Ahli

Tak hanya kebutuhan manusia, seks juga merupakan media untuk membangun keintiman dengan pasangan. Namun, hal ini bisa bermasalah jika hasrat seksual menurun. Nyatanya, tidak hanya pada laki laki, masalah turunnya hasrat seksual ini juga bisa dirasakan oleh perempuan.

Bahkan gangguan menurunnya hasrat seksual pada perempuan ini dikatakan cukup besar. "Pada perempuan, 80 persen gangguan seks pada perempuan. Gangguan hasrat pada wanita, jadi turun," ungkapnya, Senin (8/1/2024). Apa Penyebab Hasrat Seksual Pada Perempuan Menurun? Ini Penjelasan Ahli

Penurunan Hasrat Seksual pada Perempuan Bisa Berujung Sulit Hamil Perempuan Mengalami Perubahan Hasrat Seksual Pasca Melahirkan, Mengapa? Penyebab Menurunnya Hasrat Seksual Wanita, Salah Satunya Ada Komorbid

Apa Penyebab Ria Ricis Cerai? Ini Penjelasan Resmi Pengadilan Agama Penyebab Kadar Asam Urat Tinggi pada Laki laki dan Perempuan, Umumnya Apa Saja? Gangguan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, bahkan dapat terjadi di usia reproduktif.

Lebih lanjut dr Binsar pun memaparkan apa saja yang menjadi penyebabnya. Pertama , memiliki komorbid seperti diabetes, hipertensi atau gangguan organ reproduksi. "Contoh dia punya kista di ovariumnya atau punya endometriosis," tambah dr Binsar.

Endometriosis adalah kondisi ketika endometrium tumbuh di luar dinding rahim. Pada kondisi ini, endometrium dapat tumbuh di indung telur (ovarium), lapisan dalam perut (peritoneum), usus, vagina, atau saluran kemih. Ketika menstruasi, maka akan timbul rasa sakit yang luar biasa dan dapat menurunkan hasrat seksual pada perempuan.

"Apa lagi sudah pengangkatan indung telur, rahim, hormon esterogen drop. Menopause dini, itu juga mengalami penurunan hasrat," imbuhnya. Kedua faktor psikologis. Misalnya istri kerap mendapatkan kekerasan dalam rumah tangga, sehingga merasa takut dan tidak nyaman. Pasangan berselingkuh yang berakibat munculnya masalah psikologis.

"Kita harus perhatikan (istri) pasca melahirkan, baby blues, depresi pasca melahirkan. Depresi tidak hasrat lagi. Itu menjadi perhatian bagi perempuan usia reproduksi mengalami gangguan hasrat," tegasnya Ketiga, penyebab yang tidak diketahui sebabnya. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *