5 Hal yang Harus Dipersiapkan Hadapi Wawancara Kerja

TEMPO.CO, Jakarta -Anda yang sedang menunggu panggilan setelah memasukkan lamaran kerja, maka wawancara kerja menjadi satu tahap yang tak pernah terlewatkan

Saat wawancara kerja, biasanya akan ada banyak pertanyaan penting yang bakal dilempar oleh staf bagian HRD kepada pencari kerja.

Berikut ini ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan para profesiional ketika wawancara kerja.

1. Mengetahui latar belakang perusahaan.

Bukan satu hal yang aneh bagi pelamar pekerjaan untuk mengerahui latar belakang perusahaan yang dituju untuk mendapatkan pekerja. Ini satu pertanyaan fundamental bagi setiap recuiters.

Pertanyaan ini menarik bagi setiap recuiters lantaraan ini menjadi satu poin penilaian melihat bagaiamana calon pencari kerja mengerti dan mengetahui seputar informasi perusahaan.

Biasanya pertanyaan latar belakang perusahaan bakal selalu diiringi dengan pertanyaan tentang divisi apa yang dituju oleh pencari kerja di perusahaan bersangkutan.

2. Dapat menjelaskan Divisi yang diminati

Jika melamar pekerja di suatu perusahaan, biasanya akan ada divisi yang dituju. Tentu pelamar pekerjaan bisa menjelaskan alasannya mengapa memilih divisi tersebut. Pelamar kerja juga bisa menjelaskan kemampuan yang mendukung untuk layak berada di tersebut.

Selain itu, jika telah ada berpengalaman sebelumnya di divisi tersebut dapat menambah penilaian recuiter bahwa calon layak diterima di perusahaan bersangkutan.

3. Memahami kemampuan diri

Kemampuan diri di sini, pelemar mesti dapat menjelaskan bagaiamana kemampuan yang ada dalam diri bersangkuta. Bisa menceritakan pengalaman kerja. Menampilkan poin-poin keunggulan dan sedikit menyinggubg streght and weakness juga hal yang wajar, tapi itu boleh ditinjau kembali oleh si calon pelamar.

4. Datang tepat waktu

Pandangan pertama daoat dinilai dari kedisiplinan seseorang. Lebih cepat datang lebih baik. Usahakan ketika sudh mengetahui jadwal wawancara baiknya datang lebih awal, menghindari keterlambatan yang dapat mempengaruhi penilaian recuiter. Usahakan tetap terhubung komunikasi jika kemubgkinana calon pelamar kerja kemungkinan telat.

4. Meninjau isi CV

Meninjau isi curiculum vitae secara teliti adalah hal yang bijak, untuk menghindari adanya informasi yang tidak benar, informasi yang telah lama dan banyak lagi lainnya.

5. Pakaian atau seragam

Image diri juga dipengaruhi oleh penampilan. Maka usahakan jika hendak mengikuti wawancara kerja mengenakan baju yang sopan dan rapi. Kalau diminta berbusana tertentu atau warna seragam perusahaan itu, wajib dituruti.

TIKA AYUBaca : Ikut Walk-In Interview, Begini Persiapannya

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.